Tuesday, February 17, 2015

Suikoden 2 - Game epic yang kurang terkenal

Mungkin banyak dari kalian yang ngga pernah main atau bahkan mendengar judul game ini. Tapi bagi kalian yang pernah menamatkan game ini, Gua kasih kalian tepuk tangan pelan *clap, clap, clap*.

Baru beberapa hari yang lalu aku berhasil mengalahkan Beast rune dan akhirnya mengakhiri perang yang sudah berjalan selama kurang lebih 1 minggu (30jam main lebih tepatnya). Haah... sedih rasanya melihat creditnya berjalan.

Suikoden 2 adalah game RPG dari sequelnya Suikoden. Dikembangkan oleh Konami untuk PS1 di tahun 1998 di Jepang, yang kemudian menyebar ke daerah barat di tahun 2000. Ciri khas yang membedakan Suikoden series dengan game RPG lainnya adalah kita punya lebih dari 100 karakter dalam game yang bisa kita dapatkan dan kita masukkan kedalam party kita. Sementara yang lain biasanya hanya punya beberapa character yang bisa kita ajak ke dalam party.

Menurut gua yang paling berkesan dari Suikoden 2 ini adalah ceritanya. Biasanya game RPG ceritanya adalah ada orang jahat yang ingin menguasai dunia, lalu kita harus menghentikannya. Tapi di Suikoden 2, ceritanya tidak semudah karakter utama mengalahkan penjahatnya dan menyelamatkan dunia.


 Karakter utama dalam Suikoden 2 yang bernama Riou (dalam game kita bisa kasih namanya bebas), adalah seorang anak muda yang mengabdi ke kerajaan Highland yang sedang terlibat perang dengan perserikatan Jowston (City-State) dan kemudian kabur dari kerajaan tersebut bersama sahabat baiknya Jowy karena difitnah sebagai mata-mata.

Dalam pelariannya Riou dikhianati oleh sahabat baiknya Jowy yang kembali ke kerajaan Highland. Seiring berjalannya waktu Riou berhasil membangun pasukan dalam perserikatan Jowston untuk bertempur dengan kerajaan Highland dan mengalahkan Luca, antagonis utama dalam game yang berposisi sebagai putra mahkota kerajaan Highland. Luca adalah karakter psikopat yang haus darah dan cinta perang. Dialah sebab kedamaian antara perserikatan Jowston dan kerajaan Highland menjadi rusak.

Setelah Riou berhasil mengalahkan Luca, apakah perang selesai? Tidak. Seiring berjalannya cerita, Jowy akan menjadi raja dari kerajaan Highland setelah Luca kalah. Dan pada akhirnya Riou harus bertarung melawan sahabat baiknya sendiri.

Lebih berat mana? Bertarung sama teman melawan penjahat yang ingin menguasai dunia? Atau dikhianati sahabat baik dan pada akhirnya harus membunuh teman masa kecilmu?

Selain ceritanya yang keren, Suikoden 2 juga adalah game pertama pada waktu itu yang punya cerita bercabang. Maksudnya adalah dalam dialog terkadang kita dikasih pilihan jawaban dan jawaban-jawaban kita dapat berpengaruh dengan jalannya cerita. Sehingga membuat kita ingin mengulang gamenya hanya untuk melihat hasil dari jawaban yang berbeda dan apa pengaruhnya terhadap cerita.

Inovasi lainnya dari Suikoden 2 adalah, selain battle RPG biasa dimana kamu dan party kamu melawan sekumpulan monster dalam turn based battle. Akan ada battle dimana kamu mengontrol sekumpulan pasukan dalam perang besar. Battle ini mengharuskan kamu menggerakkan posisi pasukan mu dan mengatur strategi untuk melawan pasukkan musuh.

Battle biasa (kiri) dan Perang besar (kanan)

Dengan cerita sedalam ini dan 100 lebih karakter yang bisa kamu koleksi dan masing-masing karakter itu punya cerita latar belakangnya masing-masing. Gua heran kenapa game ini tidak punya begitu banyak fans.

Bagi kalian yang belum pernah main dan pengen coba main, atau mungkin dulu pernah main dan pengen nostalgia. Kalian kasih tahu aja lewat comment dibawah, gua ada ISOnya untuk kalian main di ePSXe (software emulator untuk main game PS1 di komputer, Klik disini kalau kalian mau download) atau bagi yang punya PSP, gua ada ebootnya buat kalian main di PSP. Tinggalin comment aja biar nanti gua upload untuk kalian yang mau.


No comments:

Post a Comment