Tuesday, March 25, 2014

Saya desainer yang tidak bisa menggambar

Gua udah posting update dari blog ini, jadi habis baca blog ini langsung aja ke part 2nya di sini.

Semester 2 Desain Komunikasi Visual... kadang aku berpikir bagaimana aku bisa bertahan sampai sejauh ini. terkadang saya sedikit malu menyebut diri saya anak DKV karena pertama, saya tidak tampak seperti anak DKV. Setiap kali saya berkenalan dengan orang yang tidak sekelas dengan saya, mereka pasti akan langsung mengatakan "Kamu jurusan IT kan?". Mereka merasa begitu yakin bahwa saya anak IT sampai mereka tidak buang-buang waktu bertanya "Kamu jurusan apa?". Mereka langsung mengambil kesimpulan bahwa saya adalah anak IT. Darimana sih mereka bisa ngambil kesimpulan kaya gitu?.

Setiap kali mereka mengatakan saya adalah anak IT, saya jawab dengan "Bukan, Kak saya anak DKV..". Coba tebak apa reaksi mereka? "Masa sih? kok muka mu bukan kaya anak DKV?". Muka ku? apa yang salah dengan muka ku sampai aku ngga pantas jadi anak DKV? dan lebih cocok masuk TI? seingatku saat tes untuk masuk Univ itu, tes-nya bukan seperti, Oh, Si A muka nya muka DKV dan Si B muka anak IT.

Suatu hari saya sedang merenungkan apa yang menyebabkan muka saya tidak seperti anak DKV, lalu tanpa sengaja saat melewati sebuah toko dengan kaca yang besar, saya melihat bayangan muka saya di kaca tersebut lalu saya baru sadar kenapa saya dikira anak IT terus. Muka saya kelihatan seperti papan MotherboardAlasan kedua saya malu menyebut diri saya anak DKV adalah karena saya kurang bisa menggambar. yaa... anak DKV macam apa yang ngomong dirinya ngga bisa menggambar?

Tetapi memang begitulah saya. Membaca tulisan saya di atas, pasti langsung muncul 2 pertanyaan dari kalian. pertanyaan pertama,

  • Kenapa ambil DKV kalau tidak bisa menggambar?
    Saya sebenanrnya kepingin mengambil sinematografi karena minat saya di sinematografi, terutama di bagian editing, directing dan script writing. saya tidak mengatakan saya pro di bidang itu, tetapi saya lebih menikmati kegiatan sinematografi daripada menggambar, karena saya tidak hobby menggambar.

    Lantas mengapa mengambil DKV? karena saya pada awalnya meminta pada orang tua saya untuk menguliahkan saya di salah satu universitas malaysia yang jurusan unggulannya sinematografi, tetapi tidak diperbolehkan karena terlalu jauh. lalu saya meminta untuk kuliah di salah satu universitas baru di Tangerang yang memiliki jurusan sinematografi. tetapi tidak diperbolehkan juga karena belum terkenal universitasnya. akhirnya saya kuliah di salah satu universitas swasta di jakbar, dan mendengar ada perminatan baru DKV yang bernama Creative Advertising. dan kabar yang saya dengar waktu itu, DKV-CA memiliki porsi menggambar lebih sedikit dan porsi Audio Visual lebih banyak. sehingga saya mengira saya bisa memperdalam sinematografi di DKV-CA, ternyata saya salah.
  • Bukannya mau masuk DKV harus tes menggambar? kalau kurang bisa kok bisa lulus?
    FYI, saya bahkan lulus dengan nilai yang baik. dan saya sampai sekarang masih bingung, bagaimana gambar saya pada waktu tes bisa lulus. karena jujur, kalau kalian bisa liat gambar saya waktu tes itu, itu hampir sama dengan doodlenya anak kecil. Tapi tetap lulus. who knows bagaimana aku bisa sampai lulus?
Sebagai Murid DKV yang kurang bisa menggambar, ada 2 jenis teman sekelas yang saya temukan di kelas saya. yang pertama, adalah orang yang membuat saya merasa seperti sampah karena mereka bisa menggambar lebih bagus dari saya. yang kedua adalah orang yang membuat saya merasa lebih seperti sampah karena mereka bisa menggambar lebih bagus dari yang pertama.

Rasanya sangat sulit harus belajar menggambar dari dasar dan berkompetisi melawan mereka, orang yang ilustrasi nya sudah lumayan di kenal, orang yang lukisannya sudah di pamerkan, orang yang karyanya sudah di akui kualitasnya.

Tapiii... sekarang saya sudah semester 2 sih. saya sudah melewati setengah tahun menjadi anak DKV. dan IP saya di jurusan ini juga 2.65... not bad huh, untuk seseorang yang kurang bisa mengambar? dan dengan ini saya menutup tulisan saya kali ini. dan kita lihat IP saya selanjutnya seperti apa.

--------------------------------------------------------------------------------------------

Melihat banyak teman-teman yang mampir ke artikel ini dan punya banyak pertanyaan tentang seputar kuliah. Kalian bisa ke Blog ini dulu sebelum bertanya. Tapi kalau misalnya masih ada pertanyaan lagi, langsung tanyakan pertanyaan kalian di Ask.fm gua - @yongdicky. Saya akan sangat aktif membalas pertanyaan di sana. Dan kalian bisa tanyain apa aja yang kalian perlu tanyakan. :D



57 comments:

  1. mau tanya, kalo ngambil dkv, apa byk bget dana yg kt keluarkan?
    Misalkan pas da tgs. Katanya sih musti byk uang kalo
    ngambil jrusan dkv. Apa bnr kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry baru balas ya mbak anis.

      Lumayan gede kalau masuk DKV mbak... biasanya uang pendaftarannya paling mahal di antara jurusan lain. dan pas kuliah juga biasa sering keluar uang untuk beli peralatannya. jadi kalau mau ambil kuliah DKV sebaiknya siap secara finansial.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Bg saya suka dari desain mengdit mempercantik dan mengubah mengubah cuman saya gak pande menggambar itu gimana bg

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. mas saya juga tertarik sama dunia film,tapi saya ga bisa gambar mas. gambaran saya kaya anak sd. gimana mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya ngga ada hubungannya mas menggambar sama dunia perfilman... memang bisa sangat membantu untuk bagian visualnya, tetapi bukan sebuah keharusan...

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Saya juga pengen masuk dkv bang, tapi saya tidak jago menggambar. Saya pernah mecoba 2 kali tes tapi gagal. Apakah ada saran bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alasan pengen masuk DKV kenapa dlu? kalo ngindarin Matematika dan pelajaran lain.. saya saranin jangan masuk DKV...

      tapi mungkin kamu suka fotografi? kalau kamu suka fotografi, mungkin bisa ngambil kursus fotografi aja...

      Intinya kalau ada hobby yang ada dalam pelajaran DKV. kaya fotografi, Digital Imaging, Videografi, kalau ada coba cari kursus aja.... percaya deh, belajar di kursus bakal lebih spesifik... :)

      Delete
  6. Mas dulu tes masuknya di suruh gambar apaan?:D terima kasih:)

    Ane lagi cari cari informasi mas;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbb ya mas... maaf saya lagi jarang aktif di blog... :(

      Ok, saya dulu waktu di tes gambar di suruh meng-ilustrasikan kegiatan bekerja sama dan dalam gambar itu harus terdiri dari at least 5 orang.

      Kalau ada mau tanya2 lagi silahkan langsung di balas dan saya akan mulai pantau blog saya.. hehe

      Delete
    2. harus pinter gambar ya ? skill ane masih pas2 an dalam hal gambar mungkin bisa dibilang noll :( ane minat jurusan dkv karna ada film maker nya gitu mohon solusinya gan ? trims

      Delete
    3. @rizal milan, mungkin udah saatnya gua ngupdate post ini.. haha, karena post ini gua ketik wktu gua lgi stressful banget sama kuliah gua.

      setiap perkuliahan DKV pasti dasarnya menggambar, lu bakal ketemu namanya menggambar 1 dan menggambar 2 di smester 1 n 2... jadi klo gmbar lu cetek keq gua, siap2 aja stressful di 2 smester awal...tapi setelah 2 smester awal, perkuliahan gua udh jauh lbh baik kok... smenjak kmi mlai masuk digital, smuanya terasa lbh mudah...

      gua juga hoby buat film keq lu, dan tugas perkuliahan gua sempat jadi top 100 di Indonesia Short Film Festivalnya SCTV.. kalau mw liat filmnya bisa liat di bit.ly/melamarmitta.. itu nunjukin kalo mmg kuliah gua sudah ngga stressful... krna sjak smester 3 porsi gmbarnya sudah berkurang drastis.. :D

      saran gua kalo lu memang mau masuk bidang perfilman.. masuk aja di kampus yg ada jurusan sinematografi kaya UMN... spya porsi gmbarnya jauh lbh sdikit dr kta yg DKV lain.. (gua DKV creative advertising, bergelutnya sma poster, print ad, copywriitng... itu2 trus, wkwk)

      Delete
  7. Mas dulu tes masuknya di suruh gambar apaan?:D terima kasih:)

    Ane lagi cari cari informasi mas;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf ya lama banget balasnya... ga ada notifnya.. :O
      tesnya dulu di suruh buat ilustrasi ttg 5 orang yang sedang bekerja sama siapapun orangnya dan apapun kerjaannya... :)

      Delete
  8. Duh bang saya sangat butuh bantuan mengenai pertanyaan ini, tapi sepertinya cukup panjang dan sedikit curhat. Bisa berbicara lewat Email? :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung aja email ke senseim@live.com
      siap menjawab semua pertanyaan... :D
      atau kalau mau chat via line jga bsa, senseim - lebih fast respon kalo via line.

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Bang saya ingin masuk Fashion Design tapi saya gak bisa menggambar, bisa dikategorikan pas2an. Well intinya saya minder, abang pernah merasakan perasan saya ��? Bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  11. Bang saya ingin masuk Fashion Design tapi saya gak bisa menggambar, bisa dikategorikan pas2an. Well intinya saya minder, abang pernah merasakan perasan saya ��? Bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua sih kurang tahu kebutuhan untuk Fashion Design itu gimana... tapi yang gua rasain agak beda sama yang kamu rasain...

      Yang gua alamin adalah gua sangat suka fotografi dan gua sangat suka videografi... gua terpaksa masuk DKV krna gua ngga bsa masuk kampus yg ada jurusan sinematografi... solusinya buat gua adalah gua ngejar mati-matian kemampuan fotografi dan videografi gua.... dan terima nasib nilai gua di materi menggambar itu pas-pasan... tapi DKV sendiri itu lebih dari sekedar menggambar khususnya buat perminatan gua...

      nah, kamu harus pikirin kenapa kamu pengen masuk Fashion Design? apakah kamu emang cinta sama fashion design? atau karena bgung mau jurusan apa? kalau emang kamu cinta sma dunia fashion design, sejelek-jelek apapun gambar mu, kamu pasti ttp bisa namanya gambar baju.... sejelek-jelek apapun gmbar bajumu, kamu pasti mengerti fashion yang bagus itu kaya gimana... dan paling ngga kamu punya portfolio fashion yang bagus baik yg u pakek sendiri ato yang lu liat orang lain pakai...

      Delete
  12. Bang, pengen nanya nih. Lagi dilema gitu mau ambil jurusan DKV. Gua suka desain tapi gk jago gambar, suka ngedit2 entah itu video atau foto. Dan suka nulis,ngeblog,review gitu. Dan gk suka sama matematika. Klo menurut lo gimana ? Aman gk kira2 klo mau masuk DKV ? Soalnya takut malah jadi beban + keteteran pas udh masuk. Pilihan sih antara DKV sama Jurnalistik.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya pertanyaan gini agak susah di jawab sih. Tapi gua bakal berusaha menjawab sebisa mungkin ya.

      Soal bertahan atau ngga seseorang di jurusan DKV itu dilihat dari beberapa hal :
      1. Portfolio lu yang sebelumnya gimana? jadi karya-karya yang sudah lu buat, apakah itu video, apakah itu foto, apakah itu desain grafis, pkknya semua karya yang sudah lu buat itu. Bagus atau ngga? paling gampangnya, pendapat orang lain gimana tentang karya lu?
      2. Kalau lu ngerjain karya itu sebagai hobby, jelas lu senang ngerjainnya. Tapi sekarang coba tanya kepada diri sendiri, kalau tiba-tiba karya yang tadi lu buat karena hobby, tiba-tiba di suruh buat sebagai tugas. Lu bakal tetap enjoy ngga? banyak teman-teman gua yang jago gambar, tapi ngerasa tugas pelajaran menggambar itu beban.

      Kira-kira kalau lu bisa ngejawab pertanyaan di atas. Lu bakal tau jawaban lu bisa bertahan atau ngga di DKV. Kalau memang masih mau ngobrol lebih lanjut, either ke Ask.fm gua atau ke email (senseim@live.com) juga gpp.. bebas. :D

      Delete
  13. Hahaha, Saya kebetulan anak DKV juga mas (y). dan sama sepertinya mas Yongistalking, saya tipe orang yang ga bisa gambar bagus apa lagi realistis. Namun, saya lebih suka gambar yg ga berbentuk (alias abstrak) layaknya Doodle (krng lebih).

    ga ada salahnya kok mas utk belajar menggambar, krn menggambar itu tidak musti selalu melihat dari luarnya saja. tapi proses pembuatannya yg bagaimana (y)

    Mari berkunjung di blog desain saya mas ^_^ www.vektorkades.com

    ReplyDelete
  14. yeph... sebenarnya ngga ada gambar yang bagus dan gambar yang jelek.. dan ngga ada namanya persaingan dalam seni... tapi ketika dosen sudah memberi brief dan nilai.. di sanalah kadang kita agak merasa ga di hargai.. :(

    tapi memang benar... belajar menggambar tuh sesuatu yang ngga bakal di sesali oleh siapapun... psti ada manfaatnya dalam sgala bidang... :)

    ReplyDelete
  15. Saya tidak jago gambar, apakah itu mempengaruhi kelulusan ? Kalo mau ambil DKV harus SMA/SMK jurusan apa ? Thx ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mempengaruhi kellusan itu niat kamu waktu kuliah.. bukan jago menggambar atau tidak.. DKV itu kan byk aspeknya, ngga cuman menggambar... ada graphic design, fotografi, digital imaging.. dll... selama kamu bisa mengauasai salah satu skill dr itu, maka ngga bsa menggambar ga akan menjadi hambatan... :)

      Delete
  16. Bro? Gue gk jago gambar tpi gue pngen msuk dkv, soalnya suka editing gitu pake photoshop, dkv ada kaitannya gk bro sama graphic desain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Graphic Design itu adalah salah satu bagian dari DKV.. DKV itu kan Desain Komunikasi Visual, jadi semua desain visual itu termasuk dalam DKV. Desain Visual itu macam2 mulai dari Fotografi, Graphic Design, Animasi, Videografi dll..

      kalo kamu ngerasa kurang pede sma gambar kamu dan pengen masuk DKV.. gua saranin kamu byk tny2 tentang silabus DKV di kampus yang kamu mau.. cari yang pelajarannya ngga bgt byk menggambar dan byk digital.. jgn smpe masuk kampus yang byk belajar seni murni, nnti bsa teler kamu.. haha

      Delete
  17. kalo masuk desain visual animasi tu gimana aj kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. visual animasi biasanya harus jago gambar orang. pemahaman sama anatomi manusia mesti bagus. Karena walaupun yang di gambar kartun, tetap pakai ilmu anatomi. itu sepengetahuan gua sih.. hehe

      Delete
  18. bang ane mau tanya2 ni, tp jangan di comment ya bang ntar agak kepanjangan hehe, ada email bang ?

    ReplyDelete
  19. Bro gua ada niatan buat masuk dkv, kenapa,karna gua suka gua mau belajar. Tapi secara basic gua ga punya itu semua gua ga ngerti apa itu grafis disgn ,fotografi dan skill gambar pun semerawut ,cuma punya modal suka dan niat buat belajar. Kira2 kedepannya bakal susah apa ga bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua kenal beberapa teman gua yang dulu ngga keliatan ada basic seni.. sekali masuk DKV jadi jago banget, karena memang niat belajarnya dan kebetulan mereka nemuin passion mereka sekali nyoba-nyoba dunia DKV...

      Nah gampangnya gini aja mas, kalau memamng mau tahu bakal bertahan atau ngga di dunia DKV.. cobain aja dlu kegiatannya.. misal belajar menggambar, belajar ilustrasi, belajar videografi atau fotografi.. sekedar mengenal aja... nah, kalau setelah mengenal ternyata jadi penasaran dan pengen belajar lebih banyak.. berarti kemungkinan besar kamu bakal bertahan di DKV :)

      Delete
  20. Bro gua ada niatan buat masuk dkv, kenapa,karna gua suka gua mau belajar. Tapi secara basic gua ga punya itu semua gua ga ngerti apa itu grafis disgn ,fotografi dan skill gambar pun semerawut ,cuma punya modal suka dan niat buat belajar. Kira2 kedepannya bakal susah apa ga bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalo niat belajar dan ngga gampang menyerah... ngga ada yang susah :D
      cobain aja dulu tekunin salah satu dunia DKV sekarang.. kalau emang setelah ditekunin dan ada rasa suka, ngga ada salahnya ngedalemin... :)

      Delete
  21. Kak!. saya dari SMK Arsitek, saya suka di jurusan ini karena saya suka menggambar, karena gak terlalu artistik, saya ingin masuk desain atau aplikasi komputer masih bingung, soalnya gak jago gambar, sama seperti kakak lah, saya suka belajar komputer tentang aplikasi atau yg lainnya, saya berminat dan suka web desain dan suka modding Android seperti ganti" System, meskipun gak pernah buat :D. itu gimana kak, minta sarannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modding ganti2 ROM ya maksudnya? Ganti2 ROM itu masih jauh banget sih dengan namanya IT gt2... haha...

      Sekarang di lihat lagi, portfolionya kebanyakan dimana... sudah lebih sering berkarya di bidang seni atau di bidang teknologi... kalau lebih sering buat karya gambar, desain dll.. masuk DKV aja.. kalau lebih sering buat karya IT seperti virus, program ringan atau rakit PC masuk IT aja...

      Tapi pada akhirnya semua balik lagi kamu bakal lebih betah dimana.. dan itu cuman kamu yang bisa rasain.. :)

      Delete
  22. bang aku juga tertarik sm dkv, ada niatan kuliah jurusan itu cuman bingung harus ngampus dimana? dan gambar aku ga bagus bang, apalagi suruh gambar realis orang bantu aku bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa bisa tertarik sama DKV? suka fotografi? videografi? animasi? atau apa? harus tahu dulu hobbynya apa baru bisa di kasih saran.

      Delete
  23. Bang mau nanya . Ane ga bisa2 amat gambar murni . Tapi ane suka sama fotografi sama edit photoshop gitu2 dah menurut abang ane bisa ga bang di dkv ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca di bit.ly/seputardkv ya bro... gua udah kompilasiin pertanyaan2 umum seperti ini di artikel itu.. :)

      Delete
  24. bang ane ga bisa gmbar tapi ane tertarik utk bljr tntng photosop, videografi, efek2 video pkokny yg digitallah, kira2 dkv apa ya yg cocok untuk ane??

    ReplyDelete
  25. bang ane ga bisa gmbar tapi ane tertarik utk bljr tntng photosop, videografi, efek2 video pkokny yg digitallah, kira2 dkv apa ya yg cocok untuk ane??

    ReplyDelete
  26. hallo kak.. saya mau nanya ni, saya pengen ni masuk dkv,saya bisa gambar tpi gk jago"amat menurut saya, tpi suka ngengambar apalgi klo gmbar manga.kira" kak saya bisa gk sih masuk dkv dan kedepannya susah gk sih kak?
    mohon minta saranny dong kak...

    ReplyDelete
  27. Mau Nanya ni bang saya hobinya buat 3d tapi klo disuruh menggambar, bagusan gambaran adek gua yang masih sd, kira2 cocok nggak buat saya untuk masuk dkv?

    Mohon sarannya

    ReplyDelete
  28. Bang, mau nanya bang, sya suka fotografi, tapi ga suka gambar. Btw di jurusan potografi ada gambar2an gak?

    ReplyDelete
  29. ka permisi mau tanya nih saya suka gambar, cuma klo buat gambar tapi pake imajinasi sendiri msh blm bisa, tapi kalau ada contohnya saya bisa. Kira kira bisa ga ya masuk dkv

    ReplyDelete
  30. gw bisa gambar tapi bukan DKV hayo?

    ReplyDelete
  31. Aku juga bg, gabisa gambar msk dkv nengok ini aku jdi termotivasi bg. Makasih yaa bgg

    ReplyDelete
  32. Aku juga bg, gabisa gambar msk dkv nengok ini aku jdi termotivasi bg. Makasih yaa bgg

    ReplyDelete
  33. Saya minat ke DKV mau nyoba jalur SNMPTN, nah diwajibkan ngumpulin portofolio yang isinya hasil karya saya. Sedangkan saya ngegambar acak"an kaya anak sd, mungkin ada saran apa yang harus saya lakukan dengan basic ngegambar yg awam :(

    ReplyDelete
  34. Bang saya bingung bngt nih mau masuk dkv tapi ga bisa gambar boro2 gambar2an saya sd aja gambar cuma gunung,sawah,rumah tapi ga tau kenapa saya tertarik gtuh tolong dong solusinya gimana nihh bang

    ReplyDelete
  35. Bang, apakah dosen sering beri perintah untuk menggambar kartun atau realistis?

    ReplyDelete