Friday, September 11, 2015

Penyebab gua suka makanan pedas : Mama gua!

Gua punya lidah yang cukup tahan pedas. Limit gua terakhir pas gua makan ayam mercon di QZ Komik Cafe Jambi. Bagi yang ada di daerah Jambi, cobain aja ayam mercon di cafe itu biar tahu kira-kira limit pedas gua seberapa. Buat yang ngga di daerah Jambi, nih gua deskripsiin pedasnya. Sambal dari ayam mercon itu begitu masuk mulut sedikit saja, rasanya pahit. dan panas! Kemudian daerah sekitar leher lu bakal mulai muncul hawa panas, dan kalau lu sampai ke suapan ketiga. Maka mulut lu bakal mulai terasa terbakar. Rasanya sakit banget sampai-sampai setelah gua habisin ayam mercon itu, mulut gua ga bisa tutup selama 30 menit karena mati rasa. Dan air ngalir dari semua pori-pori kepala gua selama 1 jam lebih.

Kalau ada yang makan ayam mercon di QZ Komik Cafe itu dan bilang pedasnya biasa aja. Gua bakal nemuin orangnya, lalu berdiri depannya sambil tepuk tangan perlahan-lahan.

Anyways, gua suka banget sama makanan pedas. Tapi gua menghindari makanan pedas karena ada 2 hal yang gua ga suka kalau lagi makan pedas.
  1. Kalau makanannya terasa pedasnya, gua bakal mulai keringatan waktu makan. Keringatnya itu sampai netes-netes bahkan terkadang jadi ingusan juga. Makanya kalau lagi makan di luar bareng temen. Gua ngindarin image lembab menjijikan gua yang muncul waktu gua makan pedas.
  2. Kalau pedasnya cukup kuat. Maka gua tau gua bakal ngerasain pedas itu 2 kali. Pedas yang pertama terasa di mulut. Yang kedua akan terasa waktu keluarnya. Dan pedas kedua itu yang gua paling benci.
Tapi kadang, gua ngga bisa nolak makanan pedas. Ngga tau kenapa, gua suka banget sama makanan pedas. Padahal waktu gua masih kecil. Gua bahkan ga tahan makan bubuk cabenya Indomie. Kalau Indomie udah keburu di kasih bubuk cabenya, maka gua ngga mau makan Indomie itu lagi.

Lalu gua tiba-tiba teringat masa kecil gua dan penyebab gua suka makanan pedas. Penyebabnya adalah karena gua susah makan dulunya. Bingung? Ini gua ceritain.

Sooo.. gua adalah anak yang cukup kurus waktu gua kecil (sulit dipercaya kan?, Percayalah. ada bukti fotonya kok). Nah, waktu itu selera makan gua masih jelek banget. Gua adalah anak yang susah makan waktu kecil dulu. Dan mama gua suka sebel waktu lagi suapin gua makan. Karena butuh waktu 1 jam lebih baru gua bisa habisin makanan gua, sedangkan dia masih harus ngurusin urusan rumah setelah suapin gua makan.

Suatu hari, waktu mama gua lagi suapin nasi ke gua. Dia mulai kehilangan kesabaran karena gua ngunyah-nya lama banget. Akhirnya mama gua bilang gini "Kamu makannya cepetan dong! kalau ngga mama kasih cabe nih ntar!". Tapi mau bilang apa, gua dulu ngga suka makan. Makanya ngunyah-nya lama karena gua ngga bisa nelannya. Setelah ancamannya yang pertama, gua berusaha buat nelan lebih cepat tapi ntah kenapa makanan itu tetap tak tertelan. Gua benar-benar ngga suka makan waktu itu. Akhirnya mama gua kehabisan kesabarannya. Dia masukin sambal ABC ke nasi gua, lalu di aduk-aduk. Setelah sambalnya rata, nasinya langsung di masukin ke mulut gua. Karena gua belum bisa makan pedas waktu itu, gua jadi ngga bisa ngunyah lama-lama karena lidah gua sakit. Jadi gua ngunyah-nya sebentar, lalu langsung gua telan. Setelah gua telan nasinya, mulut gua terbuka-buka karena gua kepedasan. Dan mama gua ngga nunggu-nunggu langsung memasukkan nasi ke mulut gua yang lagi ngga bisa tutup karena masih kepedasan. Proses ini di ulang berkali-kali dan dalam waktu kurang dari 2 menit, nasi gua udah habis.

Akhirnya mama gua dapat trick buat mempercepat durasi makan gua, dan trick itu digunakan terus berulang-ulang dengan berbagai macam sambal yang ada di meja makan gua. Kalau lagi ada terasi ya pakai terasi, kalau ada rawit ya pakai rawit sedikit. sampai hari gua ngga disuapin lagi. Dan ketika saat itu tiba, gua sudah jatuh cinta terhadap makanan pedas.

Jadi begitulah! Berkat mama gua yang kurang sabar ngadepin anak kecil, gua jadi suka makan pedas. Tapi mungkin gara-gara itu juga gua jadi kebiasaan jarang ngunyah waktu gua makan dan akhirnya gua punya perut buncit kaya sekarang ini. :(

1 comment:


  1. 1Untuk Menikmati Permainan Poker Online seperti Asli hanya bersama kami di KEBUNPOKER.COM..
    100 % menggunakan Uang Asli
    100% Tanpa BOOT!!
    100% Player VS Player
    1000 % Berapapun Kemenangan Anda Semua PASTI Akan Kami Bayar...
    Di dukung oleh Server Terbaik Untuk Mendukung Kelancaran Permainan,,,SUDAH TERBUKTI !!!!
    PENDAFTARAN >> http://kebunpkr99.pkr69.com/

    ReplyDelete