Monday, March 16, 2015

Game Puzzle yang Misterius - Do Not Believe His Lies

Berapa lama biasanya waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan 1 game puzzle? 1 jam? 1 bulan? beberapa bulan?

Ada 1 game puzzle yang di upload ke iOS Appstore pada tanggal 10 juli 2014 yang lalu, berjudul "Do Not Believe His Lies". Dan sampai hari ini belum ada yang menyelesaikannya. Bahkan banyak yang masih belum tahu apa sebenarnya maksud dari game ini.

Sampai hari ini ada 40ribu orang yang sudah mendownload gamenya dan mereka bekerja sama untuk menyelesaikan gamenya. Pemain-pemain game ini berkumpul di subreddit DNBHL dan saling berdiskusi cara untuk memecahkan permainan ini. Walaupun sudah sebanyak itu orang yang bekerja sama tetap saja game puzzle ini tidak mudah di pecahkan.

Desain gamenya sebenarnya biasa saja. Cuma text putih di background hitam. Saat kalian baru membuka gamenya kalian akan disapa dengan beberapa text seperti ini.



Setelah melewati pesan pembuka game itu, maka gamennya akan berlanjut ke teka-teki pertamanya.


Kalian bisa lihat kodenya? Ini kodenya setelah brightness fotonya ditinggiin. Setelah ketemu kodenya tinggal di input saja kodenya.


Setelah menyelesaikan teka-teki pertama, game langsung berlanjut ke teka-teki keduanya.


Bingungkan liat simbol random gitu? Nah, sebenarnya simbol itu ga random, tapi simbol itu adalah sandi morse. Yang kalau di terjemahkan adalah jawab dari teka-teki ini.


Lanjut ke level selanjutnya, kali ini puzzlenya semakin abstract. Kita bakal nemuin gambar ini di layar kita.


Kalau kalian cermat, itu sebenarnya hanya sebuah gambar yang diacak kaya jigsaw puzzle. Setelah dimasukkan ke photoshop untuk di invert warnanya, lalu disusun, maka muncul jawabannya.


Coba kalian perhatikan jawaban teka-teki dari level 1 sampai 3. Kalau disusun sebenarnya kalimat-kalimat ini menjadi sebuah cerita. "The first time I saw him there, I was just a child". Creepy banget bukan?

Walaupun 3 level awalnya terlihat mudah, tetapi setiap level kesulitannya akan semakin bertambah. Ada yang sampai mengharuskan kita untuk mengartika QR code, mengharuskan kita menemukan pesan tersembunyi di beberapa website dan sampai ada yang mengharuskan kita menerjemahkan arti musik.

Pembuat gamenya yang bernama Lukasz Matablewski, tidak ingin menjawab pertanyaan apapun tentang game itu. Karena ia berusaha menjaga suasana "misterius" dari game itu sendiri. Game itu dia desain agar orang-orang dapat berkumpul bersama dan bekerja sama untuk memecahkannya.

Walaupun tampak tidak mungkin di pecahkan. Lukasz mengatakan bahwa pada akhirnya misteri dari game ini pasti akan dipecahkan juga. Tapi tidak dalam waktu dekat ini. "Kalau semua orang benar-benar bekerja sama untuk memecahkan teka-teki ini... mungkin teka-tekinya akan selesai di suatu waktu di tahun depan."

Bagi gua yang paling menarik dari game ini adalah kemisteriusannya. Caranya memberi pesan-pesan tersembunyi dan membuatnya susah di capai lah yang menjadi nilai jual dalam game ini. Gua yakin banyak dari kalian yang pasti pengen tahu juga apa yang sebenarnya akan game ini ceritakan bila suatu hari nanti game ini terpecahkan.

Sampai sekarang para pemain game ini baru sampai di level 38. Dan itupun hasil kerja sama mereka mencari-cari dan menerjemahkan teka-teki. Dari mencari koordinat sampai mengartikan literatur. Tertarik untuk ikut dalam perjalanan memecah kan misteri ini? Download aja langsung di Appstore kalian untuk pengguna iPhone. Bagi pengguna Android, yang sabar ya. Game ini ngga ada di playstore, jadi kalian cuma bisa nonton progressnya aja. :p

2 comments:

  1. wih keren gamenya.. kreatif banget pembuat gamenya, Lukasz Matablewski. tapi sayang, cuma buat iphone eh :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. update... sudah hadir buat android! woohoo :D

      Tapi gua ngga ngikutan main sih.. gua cman pantengin subredditnya.. liat udah terpecahkan atau belum... ribet bget buat mecahin sendiri haha

      Delete