Saturday, March 7, 2015

LitsProduction - Awal mulanya

Kalau kalian tidak tahu, Gua punya channel youtube yang bernama LitsProduction. Channel itu gua buat pada waktu gua kelas 1 SMK. Pada waktu itu gua punya kelompok (geng mungkin bahasa kerennya?) di sekolah yang bernama Little Star. Hence the name LitsProduction, Little Star Production maksudnya.

Video pertama yang gua upload ke channel itu adalah video Lip Sync gua (Sayang udah banyak yang ngga ada videonya, tapi merinding juga sih lihatnya).

Waktu itu setelah gua sering buat video LipSync, Gua mulai buat-buat video iseng bareng temen-temen disekolah dengan kamera HP gua. Pada awalnya videonya cuman lucu-lucuan asal doang, dan temen-temen benar-benar suka dengan apa yang gua buat. Akhirnya gua mulai lebih serius membuat video dengan menggunakan kamera pocket.

Gua ingat video pertama gua berbentuk seperti berita dimana gua menampilkan 3 video iseng yang gua rekam sendiri atau gua dapat dari internet. Judul videonya Berita Ga Penting Little Star. Dan apresiasi dari teman-teman itu bagus sekali. Hampir semua teman-teman seangkatan gua terhibur dengan video itu dan meminta kami untuk membuat lebih banyak video seperti itu. Dan akhirnya BGPLS berlanjut sampai 5 episode.



Setelah series BGPLS berakhir karena gua semakin garing dalam series tersebut, gua mulai mengenal namanya After Effect dan gua mulai belajar mengcomposite efek-efek yang tidak jauh beda dengan film-film di channel yang banyak naganya itu. Video Visual Efek pertama gua adalah The Battle.

Gua ingat gua bener-bener seneng banget ngedit video The Battle waktu itu karena gua baru pertama kali belajar digital compositing video. Dan saat gua ngedit video itu di tengah malam, gua ngerasa kaya habis minum kratindaeng 3 botol sekaligus karena gua sama sekali ngga bisa tidur sebelum video itu selesai. Pokoknya gua bener-bener semangat banget ngeditnya.

Video The Battle itu membuat nama gua naik di sekolah gua waktu itu karena gua belajar compositing video secara otodidak dan pada waktu itu tidak banyak orang yang mengerti cara compositing video di kota gua (maklum, kota kecil).

Gua mulai aktif dalam membuat video-video visual effect seperti video Coca Cola Meledak (Viewnya udah 70ribuan! tapi banyak comment bacotnya sih), terus video Final Introduction dan beberapa video yang suka gua sebut The Lost Episode karena videonya hilang. Di antara lain judulnya adalah The Battle 2, The Cigar sama SAS.

Karena gua mulai aktif dalam membuat video, teman-teman mulai meminta bantuan gua untuk kebutuhan sinematografi mereka. Mulai dari video ulangtahun seperti Mission Impossicake (Basicly Intro untuk video dokumentasi ultah temen gua yang ngga gua upload). Gua juga mulai menggarap beberapa short movie seperti Solid's Mission dan Move On sesuai pesanan. Dan gua jatuh cinta dengan pembuatan short movie karena gua suka melihat cerita yang gua rancang bersama teman-teman gua menjadi nyata dalam bentuk film singkat.

Gua suka banget ngerjain video karena bagi gua yang penting bukan hasil akhirnya tapi proses saat kita mengerjakan video itu sendiri. Karena rata-rata video project gua yang memang gua kerjain atas kemauan gua sendiri, bukan pesanan. Biasanya diwarnai canda tawa saat ngerjain videonya. Dan itu yang gua suka. Ngumpul bareng temen dan have fun sambil tetap produktif karena pada akhirnya kami menghasilkan produk yang bisa kami tonton bersama suatu hari nanti.

Bagi kalian yang belum pernah buka channel gua, lihat aja dulu trailer kompilasi video-video gua yang pernah gua kerjain. Dari yang paling awal waktu masih pakai kamera pocket sampai yang cukup baru sebelum ganti bumper logo.


Kalau tertarik langsung aja ke channel gua buat lihat lihat video lainnya. :D

Kalian punya hobby di videografi juga? Sharing cerita kalian dalam dunia videografi dengan comment dibawah! :)

No comments:

Post a Comment