Saturday, August 26, 2017

Lulus! Terus sekarang gimana?

Inget ngga waktu dulu kamu baru masuk SD, kamu ngerasa pengen cepat-cepat SMP? Terus waktu kamu udah SMP ternyata ngga SMP ngga seenak yang kamu kira, jadi kamu pengen cepat-cepat SMA. Terus udah SMA ternyata SMA juga ngebosenin banget, jadinya kamu pengen cepet-cepet kuliah, Kemudian setelah kuliah ternyata kuliah itu ngga terlalu menyenangkan jadi kamu pengen cepat-cepat lulus, sekalinya lulus kamu bingung mau cari modal nikah.

Kurang lebih itu yang gua lalui sekarang, belum lama ini gua baru lulus dari perkuliahan gua. Jadi gua udah resmi sarjana aestetik sekarang. Ada hal yang menarik yang gua sadari ketika gua lulus. Tiba-tiba gua ngerasa dunia ini luas banget. Seolah-olah awalnya gua menjelajahi dunia dengan peta yang terlipat. Setelah gua habis menjelajahi dunia dengan peta itu, gua membuka lipatan di peta itu dan ternyata petanya sangat-sangat besar.

Ini jadi hal yang menarik, sekaligus mengerikan bagi gua. Kenapa menarik? karena gua ngelihat banyak banget hal baru yang bisa gua jelajahi sekarang, banyak banget hal yang bisa gua coba. Tapi dalam waktu bersamaan gua jadi merasa kecil dan gua ngga tahu harus berjalan berapa jauh dalam mengejar impian gua. Gua ngga tahu tantangan apa yang akan menghadang gua nantinya.

Gua inget ketika gua masuk ke kampus, gua punya satu set cita-cita dan tujuan gua ketika udah lulus nanti. Tapi lucunya semua itu menjadi buram waktu gua lulus, gua ada di titik dimana gua secara jujur bisa bilang gua ngga tahu apa yang gua cari dan apa yang gua mau lagi dalam hidup. Mungkin tekat gua yang ngga kuat, atau memang banyak kompromi yang terjadi dalam diri gua selama kuliah ini.

Life goes on, kenyataannya gua tetap udah lulus. dan udah saatnya gua ngelakuin sesuatu dalam hidup gua. Jadi gua ngebuat checklist tentang apa lagi yang harus gua kejar mulai dari sekarang. Beberapa checklist yang harus gua jalankan sekarang adalah :

1. Kerja dengan serius, dapatin gaji pokok bulanan dulu
Gua dulu selalu punya cita-cita mau punya usaha sendiri dan ngga mau kerja sama orang. Tapi memang kenyataannya gua butuh pekerjaan dulu untuk setidaknya berhenti merepotkan orang tua.

2. Bangun usaha sendiri. Apapun itu.
Ini memang masih dalam progress. Supaya bisa ngebantu ngehidupin gua suatu hari nanti.

3. Biasakan untuk nulis blog seminggu sekali lagi. Apapun itu.
Sudah 4 tahun gua berusaha buat nulis blog dengan rutin. Tapi tidak pernah berhasil. Selalu ada moment semangat selama beberapa bulan, tiba-tiba vakum. Dan diulang terus. Tapi tidak ada salahnya mencoba lagi. Mulai sekarang gua akan berusaha nulis blog apapun itu setiap hari sabtu. Yang kemudian akan dipublish di hari senin. Ini harus dilakukan agar gua dapat melatih diri gua untuk menulis dengan semakin lancar.

4. Youtube.
Ini adalah salah satu cita-cita gua yang jadi buram, tapi sejauh yang gua inget, gua selalu pengen jadi seorang youtuber. Itu udah cita-cita dari lama. Gua inget 8 tahun yang lalu gua nonton Ryan Higa. Dan itu langsung menjadi cita-cita gua buat jadi yang namanya youtuber juga. Dan ini adalah salah satu hal yang akan gua mulai tahun ini juga. Dimulai dengan video rutin mingguan.

Kurang lebih hal-hal itu lah yang gua tetapkan untuk gua kejar di tahun ini. Dan gua berharap semua sudah bisa berjalan sesuai tujuan minimal sebelum gua wisuda. Gua tau konsistensi dari dulu adalah hal yang sulit buat gua terapin dalam hidup gua. Tapi setidaknya dengan adanya catatan seperti ini, setiap kali gua mulai ngga konsisten, gua bisa inget lagi hal-hal apa yang gua kejar. Gua juga buat beberapa pantangan untuk diri gua sebelum gua mencapai hal-hal di atas.

1. Ngga boleh download steam ataupun game
Gua sangat-sangat suka main game. Tapi gua sampai di satu titik dimana gua ngerasa kayanya gara-gara gua terlalu banyak main game dulu, makanya gua belum menyelesaikan apa-apa sekarang. Jadi no game for now!

2. Ngga boleh makan indomie sebelum dapat silverplay button.
Ini berat banget sih. huhuhu. tapi gua harus tegas sama diri sendiri. Kalau gua mau tetap semangat mengejar checklist gua untuk jadi youtuber resmi, gua harus dapatin silverplay button. Dan sebelum itu, maka no Indomie! (hati gua retak sedikit waktu ngetik ini).

Semoga dengan hasrat yang kuat untuk main game sambil makan indomie bisa memotivasi gua untuk mengejar checklist yang sudah gua buat.

Temen-temen yang udah lulus pada gimana? Udah pada ada tujuan hidup? Ceritain dong goals kalian apa aja yang akan kalian kejar waktu kalian udah lulus.. hehe

No comments:

Post a Comment