Friday, January 13, 2017

Like dan comment Amin untuk gambar ini

*Disclaimer : Walaupun thumbnailnya tentang jomblo.. tapi isinya bukan tentang kejombloan gua kok.. gua udah move on dari kejombloan gua dan ngga akan nulis soal itu lagi dalam waktu dekat.. haha...

Jadi suatu hari, waktu gua lagi jalan-jalan di instagram. Gua nemuin salah satu IG yang ngga begitu terkenal tapi berusaha menjadi mirip dengan dagelan (cari follower dengan post gambar lucu, kemudian jadi IG promote). Nah, Gua follow akun IG ini karena kebetulan emang kontennya lucu waktu itu. Sampai suatu hari dia muncul di feed instagram gua, dengan foto seorang anak di afrika yang kurus kering karena kelaparan sedang tekapar di tengah jalan. Dan captionnya "Like dan comment amin untuk anak di foto ini". (Gua ngga bisa tampilin fotonya karena gua ngga mau mirip sama mereka.. jadi untuk thumbnail blog ini gua kasih gambar orang yang lebih miris aja..)

Konten kaya gini terlalu sering di pakai di Indonesia untuk mancing orang-orang bodoh yang bisa dengan gampang merasa suci ketika mereka like dan comment amin di konten kaya gitu. Dan orang Indonesia banyak banget yang kaya gitu. Kalau lu adalah salah satu orang kaya gitu, lu mending tutup blog ini sekarang, buka baju, buka celana, pergi ke kamar mandi terus mandi air keras. Karena lu tuh kotor banget.

Jadi waktu itu karena gua kesal banget sama foto itu, gua comment dong. "Gila ya, liat anak di jalan kesusahan, bukannya dibantu malah difoto terus diupload buat ngemis like di IG".
Tau-tau besoknya ada yang balas gini. "Ngga usah nyalah-nyalahin orang, Lu cuman disuruh like dan ngucap amin pun ngga mau".

Gila kan ya ini? Jadi ada orang yang ngerasa like dan comment dia ada dampak bagi orang yang ada dalam foto. Dia ngerasa dia sudah menjadi bagian dari masyarakat yang berguna atas like dan comment dia. an saat itu juga gua tau, orang kaya gitu ngga bisa diajak debat. Kenapa? Karena otaknya hanya segede biji kacang. Kalo gua debat sama dia yang ada otak gua nyusut juga ntar.

Nih buat kalian yang ngerasa like dan comment amin kalian ada dampak buat orang dalam foto. Gua kasih tau aja ya biar sel otak kalian nambah sedikit. Like dan Comment amin kalian tuh ngga berdampak sama sekali ke orang yang ada dalam foto, sama sekali ngga membuat hidup mereka lebih baik. Like dan Comment kalian itu dampaknya bikin Akun IG yang posting foto tersebut tambah naik followernya kemudian ketika followernya udah banyak dia bakalan mengubah Follower tersebut jadi keuntungan dengan berbagai cara. Misalnya di jual akunnya untuk Olshop, atau Paid Promote. Akhirnya mendatangkan keuntungan bagi mereka dan apakah keuntungan tersebut akan mereka pakai untuk membantu orang yang ada dalam foto tersebut? Ngga! Mereka bakal makan sendiri itu uang.

Gua tuh ngerasa, makin kesini standar kesucian bagi pengguna sosmed di Indonesia tuh makin jatuh. Karena jaman dulu ya, kalau lihat orang susah itu di bantu pakai amal, mau dalam bentuk atau pun tenaga. Tapi sekarang mereka like dan comment amin aja udah ngerasa membantu orang yang di foto. Sejak kapan Amin diucapkan secara tertulis!?, Nih, kalau standar kesucian kaya gini di pertahankan terus. Bayangin di masa depan, lu mau makan sama keluarga, doa sebelum makannya pakai cara bapak lu posting foto makanan keluarga di Instagram, terus lu orang mau aminnya pakai like dan comment amin di foto bapak lu.

No comments:

Post a Comment