Sunday, August 16, 2015

Prokrastinator Kronis

Ok, hari ini gua bakal nulis artikel! ... Habis gua main Minecraft dulu ..., Ok gua bakal mulai nulis sekarang! ... tapi udah ngantuk, tidur dulu ah.... ..... .... Ok gua udah segar, gua bakal nulis artikel sekarang! ... habis nonton The Comment di Net TV baru nulis!

Yah, konflik batin itu berlangsung dari tanggal 8 Mei 2015 sampai sekarang, 15 Agustus 2015. 3 BULAN KEMUDIAN! Gila, gua kuat banget procrastinatingnya!

Bagi kalian yang belum tahu Procrastinate tuh apa, Nih gua kasih tau.

Procrastinate (n) : To postpone or delay needlessly.

Atau kalau di translate ke Indonesia, Gua menyia-nyiakan hidup gua. :/

Gua yakin kalian pasti pernah procrastinate juga, kaya mungkin kalian lagi baca blog ini buat melupakan bahwa sebenarnya ada pe-er MTK yang lagi nunggu kalian atau ada job desain yang belum kalian selesai-in dan deadlinenya besok, ya kan? Ngaku aja!

Procrastinate di hidup gua, sudah hampir naik ke level “ngerusak hidup gua”.  Kalau gua kaya gini terus, lama-lama pasti gua bisa gagal dalam hidup, tugas kuliah gua ga ada yang kelar, gua ga bakal dapat job dan berat badan gua bakal bertambah sampai timbangan yang gua naikin minta tolong (gua bakal jelasin nanti)

Biasanya kalau kita procrastinate, kita akan menggeser prioritas kegiatan yang seharusnya kita lakukan ke kegiatan lain yang tidak seharusnya kita lakukan. Contoh, ketika lu mau kerjain tugas lalu tiba-tiba notification steam dari Alvin bilang “Yuk Dota!”. Prioritas langsung bergeser saat itu juga. Tiba-tiba dota menjadi lebih penting daripada ngerjain tugas, karena dalam otak lu terputar kata-kata setan ini. “Gua bisa kerjain NANTI”. Percaya sama gua kata-kata itu akan sering terputar lagi dalam kepala lu, habis satu ronde dota lu lanjut ronde dua, “Gua bisa kerjain NANTI”, lalu habis ronde dua ternyata sudah jam 2 pagi dan lu ngerasa ngantuk so dalam otak lu muncul lagi “gua bisa kerjain NANTI”. And percaya sama gua kata-kata itu bakal lu ulang sampai lu sadar kalau deadline tugas lu itu besok. Gua tau itu dari pengalaman. :(

Kadang kita juga procrastinate secara tidak sadar dengan menggeser prioritas kegiatan kita ke sesuatu yang kelihatan penting tapi tidak penting  Misalkan saat gua mau ngerjain tugas gua, Ntah kenapa gua jadi aware dengan lingkungan kos gua yang hampir mirip dengan titanic habis nabrak es itu. Padahal kalo lagi main game gua biasa aja sama kamar kos gua. Sering ada kejadian disaat gua mau kerjain tugas, lalu gua lihat meja gua berantakan dan gua merasa terganggu dengan keberantakan itu. Lalu gua mulai merapikan meja karena “gua ngga bisa ngerjain tugas di meja yang berantakan” pikir gua, lalu setelah meja rapi, gua lihat di bawah meja gua ada banyak buku berserakan, karena lagi bersihin meja sekalian aja deh. Terus  gua mulai sadar kalau lantai di bawah meja itu berdebu. Waduh, ga bisa di biarin nih. Kalau debunya kehirup sma gua terus gua kena penyakit paru-paru gimana? Mesti buru-buru disapu nih! Sekalian dipel dah biar kinclong, ambil kain pel dulu di WC. YAH AMPUN! WC JOROK BANGET! Ga bisa di biarin nih! 90% dari kuman yang berkembang di WC itu jorok-jorok. Harus cepat dibersihkan ini!! …………… Fiuh, akhirnya WC bersih juga, lantai juga udah kinclong. Gila kos gua jadi kaya rumah mewah. Kaya gini baru enak buat bobok, bobok ah.. udah jam 12.

Dan ketika deadline tugas itu sudah tinggal 1 hari, baru otak gua ngingetin gua kalo gua sebenarnya ada tugas. Yes yang di atas itu cerita nyata dan pernah terjadi. Memang keliatannya beresin kamar itu penting tapi lebih penting mana sih sebenarnya kalau dibanding sama ngerjain tugas?

Gua bahkan pernah procrastinate dengan cara olahraga. Ya… tiba-tiba ntah ada angin apa gua peduli ama perut gua yang udah kelilingnya 90cm ini. Disaat gua lagi ngerjain tugas, gua tiba-tiba bangun dan shadow box lalu gua pushup 20 kali,  lalu bangun untuk shadow box dan di lanjutin dengan squat 20 kali.

Lu tau procrastinate lu sudah mulai masuk ke level bahaya kalo procrastinate lu adalah dengan cara makan. Yes… ini adalah salah satu penyebab lingkar perut gua terus bertambah dan bertambah. Khususnya setiap ujian kampus gua.

Gua anak DKV, ujian gua mostly ga teori tapi tugas yang berupa project yang kita kerjain di rumah lalu kita kumpul ke kampus di jadwal yang telah ditentuin. Dan gua punya satu ritual yang ga bisa gua lawan, tapi membahayakan timbangan gua. Yakni gua mesti makan sebelum, di tengah dan setelah gua ngerjain tugas. Dan makanannya itu bukan snack atau makanan ringan tapi makanannya itu berat seperti nasi di warteg, nasi goreng abang-abang terdekat atau paling ringan indomie 2 bungkus kuah pakai telor setengah mateng dianter ke kosan (ngiler sendiri ngetiknya).

Ini dia kekhawatiran gua, menunda nyelesain tugas itu biasa. at least lu punya tugas yang harus lu selesai-in. Nah gua sudah mulai menyadari kalau gua menunda cari pekerjaan. Gua sudah dari lama ada rencana untuk mulai mencari job desain dan job foto produk untuk menambah-nambah jajan gua dan sampai sekarang gua menunda pencarian itu. Ada satu moment di mana gua sempat berpikir, “gimana kalau gua udah lulus kuliah and ga dapat jajan lagi?”.


Jadi gua bersumpah mulai dari sekarang gua bakal berhenti Procrastinate! Gua bakal jadi lebih rajin dalam segala hal hidup gua! Mulai dari nulis blog! Nyari job! Bahkan kalau bisa punya show youtube rutin karena deep down, gua juga pengen jadi youtuber! GUA BAKAL NGALAHIN SETAN PROCRASTINATE DALAM HIDUP GUA!!!!!.......... mulai besok.

Kalian juga suka prokrastinate kan? ngaku aja ga usah boong! biasanya kalian procrastinate kaya dengan cara apa? ceritain dengan comment di bawah!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kalian udah nonton Melamar Mitta?
KALIAN BELUM NONTON MELAMAR MITTA? KEMANA AJA KALIAN!
Melamar Mitta masuk ke top 50 film di ISFF 2015 looh... berarti masuk ke top 10 komedi di ISFF 2015.. Yuk di tonton trailernya di bit.ly/memittaex, terus nonton fullnya kalau kalian tertarik :D
Kalau udah nonton... nonton lagi aja... terus refresh 100 kali.. thank youuu, hehe

No comments:

Post a Comment