Saturday, June 4, 2016

5 hal yang gua lakuin ketika perasaan sepi menyerang

Satu hal yang gua notice dari diri gua paska putus (ya sudah lama memang, tapi gua baru menyadarinya) adalah gua benar-benar bukan teman yang baik. Oh my god... Gua baru sadar selama ini gua telah menjadi definisi "teman yang kalau sudah punya pacar lupa sama teman". Gimana gua bisa sadar soal ini? simpel. Setelah putus, gua ngga punya tempat lain untuk bercerita secara mendalam lagi. Ngga punya teman yang bisa ngeshare beban dan ngga punya teman yang nge-share beban mereka ke gua.

Lately, gua benar-benar merasa kesepian. Ngga dalam definisi benar-benar sendirian, tapi gua merasa kesepian walaupun ada di tempat yang ramai. Mungkin karena gua sering ngebail (ninggalin teman-teman ngumpul di tengah ngumpul) dari teman-teman ngumpul gua, ya karena gua emang udah kebiasaan gitu, dulu pas pacaran itu selalu langsung ngebail kalau di telepon. Dan kebiasaan sampai sekarang. Salah satu faktor yang memperparah rasa sepi gua adalah gua jadi takut untuk menceritakan beban ini ke orang karena gua ngga pengen orang melihat kelemahan gua. Sebelumnya, teman cerita gua cuman pacar gua seorang (untuk masalah internal). Jadi gua selalu punya image tertentu di depan orang-orang yang ngga ingin gua hancurin. Dan cerita seperti ini jelas akan merubah persepsi mereka.

Awalnya sih perasaan itu ngga begitu mengganggu, cuman ya ngerasa ngga enak aja. Tapi lama-kelamaan perasaan itu bener-bener mulai mempengaruhi gua secara fisik. Puncaknya adalah waktu gua terbaring di kamar kos sendirian dan perasaan sepi itu muncul, badan gua nyeri-nyeri dan jantung gua berdegup kencang.. parah... gua sampai pusing waktu gua bangun dari tempat tidur, dan pusingnya itu sampai bikin jalan sempoyongan.

Jadi karena udah mulai mengganggu, gua nyoba buat cari cara ngilangin perasaan sepi ini. Dan hal pertama yang gua coba adalah gua ngebuat postingan Snapchat yang isinya beban-beban gua. Tapi balik lagi karena gua takut teman-teman gua berpersepsi aneh-aneh tentang gua, gua postingan pakai cara yang terselubung, tapi kayanya ngga cukup terselubung karena teman-teman gua tetap pada notice dan nanyain. dan percaya atau ngga, gua sedikit lega karena ternyata sepi itu perasaan gua aja.

Sedikit catatan tentang postingan curhat di sosmed. Kalau kalian adalah orang yang suka buat postingan curhat di sosmed, maka gua saranin jangan sering-sering. Sebenarnya gua juga ngga ingin membuat postingan itu, Tapi gua terlalu tidak bisa berpikir di masa itu.  Masalahnya adalah postingan seperti itu beresiko membuat orang berpikir bahwa lu cuman cari perhatian (at least itu kekhawatiran gua). Jadi gua ngga rekomen banget cara ini. Tapi meamng ini yang gua lalui malam itu. dan cara ini berhasil ngasih tahu gua kalo sebenarnya rasa sepi gua itu cuman ada di pikiran gua.

Hal kedua yang gua lakuin adalah gua tiba-tiba numpahin curhat ke teman gua. Gua sampai ngerasa bersalah sama teman gua karena dia sebenarnya ngga perlu dengerin curhatan gua. Gua tau gua bilang di atas gua ngga berani cerita sama siapa-siapa soal masalah internal gua. Tapi kebetulan dia ngechat gua duluan waktu itu, terus kebetulan dia tinggal di jambi jadi ngga mungkin ceritain ke temen-temen gua yang di jakarta, plus gua tau orang ini bisa di percaya untuk ngga ngasih tau siapa-siapa. Jadi gua langsung cerita sama dia gitu aja.

Sedikit catatan ketika lu curhat sama orang. Lu mesti tau ketika lu curhat sama orang, lu menggunakan waktu mereka yang mereka bisa pakai untuk hal lain cuman buat dengerin curhatan lu. Yang belum tentu bermanfaat bagi mereka. Lu mesti inget kalau sebenarnya yang punya masalah itu bukan cuman lu, bisa aja dia juga punya masalah tapi dia lebih tegar. Jadi yang mesti diinget ketika lu curhat dengan orang adalah hargai mereka sebagai pendengar. Gimana caraynya? kalau mereka kasih saran, jangan di abaikan. Minimal tanggapi saran mereka. dan jangan ngomongin hal yang sama berulang-ulang berkali-kali. Jangan jadi tukang curhat yang nyebelin. Dan seinget gua, gua ngga menjadi tukang curhat yang begitu baik watu itu. Sorry ya teman curhat gua :(

Hal ketiga dan yang paling efektif yang gua lakuin adalah gua telepon teman gua dan nanyain apakah dia sedang ada di kos. Dan ternyata kebetulan banget beberapa teman gua sedang ngumpul di kosan mereka waktu itu. So, dengan alasan apapun gua berkata gua mau nimbrung ke tempat mereka waktu itu. Dan pada akhirnya, jantung gua yang berdegup kencang, badan gua yang nyeri-nyeri langsung hilang hanya dengan ngumpul bareng mereka. Becanda bareng mereka.

Hal keempat yang gua mau lakuin adalah gua bakal nyobain untuk olahraga. Kenapa olahraga? Sebenarnya alasannya cukup logis. Ketika lu olahraga, supply darah di otak akan sedikit berkurang karena didistribusikan keseluruh badan lu yang sedang bekerja keras. Karena gua sudah menyadari bahwa rasa sepi gua cuman di pikiran gua. Sangat masuk akal gua berusaha membuat otak gua berpikir lebih pelan agar gua tidak melebih-lebihkan masalah yang tidak ada.

Hal kelima yang akan gua lakuin adalah gua akan mencari hobby atau pekerjaan. Yang pada akhirnya bisa membuat pikiran gua fokus ke hal lain selain perasaan sepi itu. Karena pada akhirnya rasa sepi itu adalah otak gua yang terlalu fokus ke perasaan sehingga yang sebenarnya bukan masalah menjadi masalah berat.

Setelah gua telaah lagi, ternyata perasaan sepi yang gua alami itu hanya otak gua yang over meng-analisa masalah. Sebenarnya gua ngga benar-benar kesepian. Gua cuman takut untuk keluar dari comfort zone ke gua dan ngumpul dengan teman-teman gua. Apalagi tanpa di ajak. Wajar aja gua ngga pernah di ajak kemana-mana, orang sebelumnya di ajak juga ngga pernah bisa. Selalu nge-bail dari teman-teman gua.

Gua ngga bilang gua sudah sembuh total dari perasaan itu, but at least sekarang gua sudah tahu penyebabnya apa dan solusinya gimana. Tinggal apakah gua bisa mengontrol ego gua untuk nimbrung bareng temen ato ngga, dan bisa ngga gua nyelesaiin apa yang udah gua tulis di sini.

Sorry for the sad post :(
Tapi memang akhir-akhir ini, ini yang mengganggu pikiran gua. Dan gua udah dari lama berpikir untuk mencurahkan hal ini, tapi ngga tau gimana caranya. Akhirnya setelah ini menjadi masalah yang cukup real buat gua, gua bisa bagiin cerita lengkapnya.

Kalian lagi galau juga? Kalau mau cerita langsung aja komen di bawah. Who knows gua bisa menjawab masalah kalian? :D

No comments:

Post a Comment