Tuesday, February 2, 2016

Slime Rancher - Game ini IMUT BANGET!

Belum lama ini gua nemuin satu judul yang lumayan nyentrik di Steam. dan letaknya ada di 10 besar top seller di Steam. Harganya sekitar IDR 136000 dengan judul Slime Rancher. Waktu gua buka di steam dan liat screenshotnya, Sekilas game ini tampak kaya game indie yang ga jelas yang sering beredar di steam. Sampai gua buka trailernya di youtube dan melihat kalau game ini cute banget! omaigatt! <3

Gua mulai mencari-cari video gameplaynya dari let's player di youtube dan saat itu juga gua mutusin gua mesti nyobain game ini. Akhirnya gua buka torrent dan download gamenya (Sumpah gua bakal beli game resminya nanti, gua cuman pengen coba main dulu. >_<). Dan jelas aja, gua ngautis sampai 4 jam dalam game ini. Sayangnya karena game ini masih early-access (maksudnya belum selesai dibuat sama developernya). Gua ngerasa gua udah hampir membuka semua kontennya dalam 8 jam.

Ceritanya dalam game ini, lu adalah manusia yang pergi ke sebuah planet yang sangat jauh (ngga di jelasin dalam game sejauh apa dan kenapa). Di planet ini lu bakal beternak makhluk lucu yang disebut Slime. Bentuknya sama kaya Poring kalau kalian dulu main Ragnarok, tapi ada banyak jenisnya. Nah, Slime ini kalau di kasih makan, dia akan keluarin yang namanya Plort (basicly bokernya slime itu). Plort ini lah yang akan kita jual sebagai sumber penghasilan utama kita.

Sumpah, saking imutnya game ini. Gua sempat muntah pelangi waktu baru main.
Dalam game ini kita hanya akan menggunakan 1 senjata yang bisa menyedot dan menembakkan semua benda. Mulai dari slime, buah, sayur, ayam, apapun yang masih berukuran kecil. Basicly, dalam game ini kita hanya akan menyedot benda lalu menembakkannya ke tempat lain. Misal, menyedot slime yang ada di daerah luar peternakan, lalu menembakkannya ke kandang. Habis itu kita pergi menyedot wortel, lalu menembakkannya ke kandang slime kita supaya mereka bisa makan dan mengeluarkan plort. Lalu menyedot plortnya dan menembakkannya ke mesin penjual untuk mendapatkan uang.

Itu yang sebelah kiri bawah lagi lapar, ngga tega kan liatnya? :(
Kedengarannya memang simpel, tapi game ini memiliki cukup banyak konten untuk membuat kita ngautis selama beberapa jam. Misalkan, setiap slime hanya bisa makan makanan tertentu, ada yang hanya bisa makan ayam dan ada yang hanya bisa makan buah, Jadi kalian harus menanam buah dan menternak ayam itu sendiri agar supply makanan cukup untuk mereka. Slime dalam game ini juga bisa merasa lapar dan lama-lama mengamuk kalau tidak di beri makan. Kalau mereka mengamuk, wajah mereka yang awalnya tersenyum lucu nan imut akan berubah menjadi wajah yang marah (Lu ngga bakal tega liat senyuman mereka hilang). Lalu mereka akan berusaha kabur dari kandang.

Beberapa slime hanya bisa ditemukan di daerah tertentu, ada yang hanya bisa hidup di air dan ada yang hanya muncul di malam hari dan tidak boleh terkena matahari. Sehingga dalam memelihara mereka harus ada perawatan khususnya. Dan walaupun semua slimenya imut-imut dan lucu-lucu, tidak semuanya bersahabat. Ketika kita pergi keluar daerah peternakan kita, kita terkadang bisa menemukan slime yang agresif dan menyerang kita. Bahkan ada yang meledak bila bertemu dengan kita.

Mesti jaga jarak sama yang warna merah, bisa meledak.
Game ini adalah game yang sangat tenang dan cocok untuk gamer casual yang main game untuk melepaskan stress. Karena dalam game ini, kita bebas melakukan apa saja, kapan saja. Sehingga tidak ada yang namanya kalah dalam game ini. Plus gaya gambarnya yang lucu dan rapi secara grafis ngebuat game ini nagih buat dimainin lama-lama.

Gua hanya punya beberapa kritik sama game ini. Pertama, konten dari game ini masih belum terlalu banyak. Seperti yang gua bilang di atas, gua sudah hampir membuka semua konten dalam game ini hanya dalam waktu 8 jam. Tapi, itu karena game ini masih early-access. Dan gua yakin akan ada banyak konten menarik yang dikeluarkan oleh developernya untuk update-update kedepan. Kedua, setelah beberapa saat. Game ini akan terasa repetitif karena kita hanya akan melakukan hal yang sama berulang-ulang. Memberi makan slime, mengambil dan menjual plort, menanam dan menternak makanan mereka lalu memberi makan slime lagi, dan begitu terus selanjutnya.

Tapi overall, gua bakal tetap rekomen game ini ke teman-teman gua yang casual gamer. Kalau kalian suka main game yang rileks seperti Harvestmoon atau Animal Crossing. Maka kalian harus coba game ini. Gua jamin kalian bakal ngautis selama beberapa jam kaya gua waktu pertama nyoba game ini. Gua sendiri bakal beli game ini dari steam dan bakal nungguin update-update selanjutnya.

(sumber gambar - www.slimerancher.com)

No comments:

Post a Comment