Tuesday, July 19, 2016

8 tips untuk menjadi pemain Dota 2 yang lebih baik

Dota 2 adalah salah satu game yang lebih dari sekedar game. Banyak aspek yang harus dikuasai dalam permainan ini, mulai dari skill paling dasar seperti reflek dan kecepatan tangan di keyboard dan mouse. Sampai pengetahuan dan perhitungan yang mendalam mengenai permainannya. Dengan penggemarnya yang sangat banyak, wajar kalau Dota dianggap sebagai salah satu olahraga elektronik (esports).

Gua adalah salah satu pemain Dota. Gua memang ngga jago dan MMR gua juga ngga gede (1500 dari lepas TBD udah hancur). Tapi gua cukup pede dengan kemampuan Dota gua dan ada beberapa tips yang memang menaikkan permainan Dota gua dengan cukup drastis.

Tips-tips ini akan lebih berguna untuk pemain Dota yang baru. Tetapi walaupun begitu, gua yakin pemain dota yang cukup lama (sekitar 300 match) juga dapat menemukan sesuatu yang bermanfaat dari tips-tips ini.

Berikut adalah 8 tips menjadi pemain Dota yang lebih baik :

1. Pelajari dasar-dasar Dota
Ada banyak sekali aspek yang harus kita kuasai dalam dota. Mulai dari laning, farming, jungling, roaming, item build dan lain-lain. Kebanyakan pemain Dota terlalu cepat ingin menguasai semuanya hanya dalam beberapa jam bermain. Beberapa pemain merasa hanya dalam beberapa jam bermain, mereka bisa langsung menjadi pemain yang membunuh semua hero musuh di awal permainan.

Fokuslah pada hal paling dasar dari dota terlebih dahulu, seperti last hit, deny, dan role. Banyak orang yang lupa kalau last hit yang baik pada waktu laning bisa menentukan hasil dari permainan itu sendiri. Banyak juga yang lupa apa role mereka dan apa role teman mereka sehingga mereka tidak dapat bekerja sama dengan baik. Dan deny adalah salah satu cara yang baik untuk mencegah hero lawan berkembang saat laning.

Hal-hal dasar seperti ini sering dilupakan oleh pemain Dota. Sehingga ketika mereka kalah, mereka sering tidak mengetahui alasan mereka kalah. Sering kali itu karena mereka terlalu fokus mengejar kill dan melupakan hal dasar seperti last hit dan deny pada waktu laning.

2. Ketahui fungsi dari sebuah item, jangan beli hanya karena ada di guide
Tidak dapat dipungkiri item dalam Dota itu sangat banyak. Dan bermacam-macam fungsinya. Sehingga bagi pemain-pemain Dota yang baru, biasanya beli item itu hanya ngikutin guide yang ada di sebelah kiri item shop. Dan biasanya belinya ngikutin urutan yang ada dalam guide tersebut.

Hal ini memang tidak salah, sampai ketika mereka harus membeli salah satu dari situational item. Perhatikan namanya situational item, yang berarti item ini hanya dibeli dalam situasi-situasi tertentu Masalahnya adalah biasanya pemain Dota yang baru tidak mengerti situasi-situasi tertentu yang mengharuskan mereka membeli sebuah item. Sehingga akhirnya mereka membeli item tersebut secara buta.

Beberapa pemain juga tidak mengerti fungsi dari item aktif. Item seperti Black King Bar, tidak ada gunanya jika hanya didiamkan begitu saja. Begitu juga dengan item seperti Veil of Discord dan Pipe of Insight. Ketahui fungsinya maka kalian bisa menggunakan item tersebut secara maksimal.

Terkadang juga, Guide item bukanlah cara yang terbaik untuk memilih item. Hanya karena Guide Riki mengharuskan Riki membeli power thread. Tidak ada salahnya Riki membeli Tranquil Boots. Gua pernah diketawain ketika gua membeli Tranquil Boots di Riki. Padahal kalau dipikir-pikir, regen yang diberikan oleh Tranquil Boots memungkinkan Riki untuk roaming dengan invisnya sambil mengisi HPnya. Dan ketika war selanjutnya atau gank selanjutnya dimulai, HP di Riki kalian sudah full dan siap untuk bertempur.

Ketika kalian mengetahui dengan jelas fungsi dari sebuah item. Maka kalian bisa mematahkan guidenya dan membeli item sesuai dengan kebutuhan kalian. Permainan kalian akan menjadi jauh lebih efektif karena kalian menyadari apa yang dapat kalian lakukan dengan item tersebut.


3. Sadari angka-angka dalam Dota
Ini adalah hal kecil, tapi menyadari angka-angka yang ada dalam Dota-lah yang membedakan mereka yang jago dan mereka yang tidak. Semua aspek dalam Dota, direpresentasikan dengan angka. Kecepatan jalan, kekuatan serangan, durasi stun. Dan banyak dari kita tidak menyadari hal itu sama sekali.

Banyak dari kita tidak menyadari bahwa walaupun HP hero Necrophos hanya berjumlah 1300, tetapi dengan armor 22. Necrophos akan sangat sulit dibunuh satu lawan satu. Apalagi dengan Heal dari skill 1 dan Mekansmnya. Orang yang tidak menyadari angka ini akan dengan bodoh mengejar-ngejar Necrophos sendirian dan kebingungan kenapa HP Necrophos tersebut tidak berkurang.

Angka-angka pada item juga seringkali diremehkan. Banyak yang tidak menyadari kalau Drum of Endurance itu bukan hanya dibeli untuk efek aktifnya tapi juga 3 health regen dan 6 str dapat benar-benar membuat Chaos Knight kalian lebih bisa bertahan hidup diawal permainan.

Ketika kalian menyadari angka-angka tersebut dalam Dota, kalian dapat membuat keputusan yang lebih pasti ketika kalian mengambil tindakan. Seperti membeli Wraith Band di Sniper supaya lebih gampang last hit. Atau dapat menggunakan ulti Axe dengan lebih tepat karena kalian sudah tahu angka spesifik HP musuh yang dibutuhkan agar ulti Axe berhasil. Percayalah ketika kalian mulai memperhatikan angka-angka dalam Dota, maka permainan mereka akan berubah jauh lebih baik.

4. Cobain semua hero
Ada banyak sekali hero dalam Dota. dan seringkali pemain Dota yang baru hanya memainkan satu hero selama permainan mereka. Mereka tidak berani mencoba hero lain karena takut mereka akan gagal. Jangan pernah punya mentalitas takut gagal, it's just a game.

Ketika kalian baru dalam Dota, ataupun sudah lama bermain dota. Kalian tidak perlu jago di semua hero, tapi pastikan kalian mengerti semua hero atau setidaknya kalian pernah mencoba hero tersebut. Siapa tahu kalian yang terbiasa memainkan Support selama ini tiba-tiba menyadari kalau kalian lebih cocok bermain Carry. Atau yang biasanya Tanker lebih cocok jadi Support. Kalian tidak akan tahu kemampuan termaksimal kalian sebelum kalian mencoba seluruh hero yang ada dalam Dota.

Keuntungan selanjutnya adalah, kalian jadi lebih mengerti bagaimana cara menghadapi sebuah hero ketika kalian pernah menggunakan hero tersebut. Mungkin ketika kalian memainkan Sniper, kalian suka kewalahan dengan Spirit Breaker yang ngecharge kalian lalu mengaktifkan Blade Mailnya. Lain kali ketika Sniper dipilih oleh musuh, kalian sudah tahu salah satu cara mengalahkan mereka. Semua karena kalian pernah mencoba hero tersebut.

Jadi cobalah semua hero dalam dota, setidaknya sampai kalian cukup pede untuk memainkan random karena kalian mengerti semua hero yang ada dalam Dota.

5. Habis itu baru cari hero favorit
Nah, Setelah mencoba semua hero, kalian pasti dapat menilai sendiri performa kalian dalam sebuah permainan. Mana hero yang paling nyaman kalian pakai dan role apa yang paling nyaman untuk kalian. Ketika kalian sudah mengetahui dengan pasti role apa yang kalian sukai, mulai lah latihan secara terfokus untuk hero-hero tertentu.

Semakin sering kalian memainkan hero tertentu, kalian akan semakin sadar akan situasi yang kerap dialami oleh hero tersebut. Misalnya ketika kalian memainkan Sniper di lane tengah, dan kalian melawan Spirit Breaker. Setiap kali Spirit Breaker menghilang, maka kemungkinan besar Spirit Breaker dan musuh yang ada di lane tengah sedang bersiap-siap melakukan Gank ke kalian. Hal seperti ini dapat kalian prediksi dengan cepat apabila kalian sudah sering memainkan Sniper sebelumnya.

6. Ikuti salah satu pemain Dota di youtube
Bagi gua, tips ini adalah tips yang sangat mengubah permainan Dota gua. Gua memang bukan pemain Dota yang jago, tapi gua cukup pede dengan skill gua di antara beberapa teman-teman gua. Walaupun ktia mempunyai jam terbang yang sama.

Yang membedakan gua dari teman-teman gua adalah gua mengikuti beberapa pemain Dota di youtube. Salah satu pemain Dota favorit gua di youtube adalah Baumi. Sehingga gua mempunyai cara main yang mirip dengan Baumi. Biasanya sebelum mencoba hero baru, gua akan nonton beberapa video dari Baumi yang memainkan hero tersebut terlebih dahulu. Sehingga ketika gua memulai, gua tidak terlalu buta.

Beberapa orang tidak melakukan hal ini terlebih dahulu ketika mencoba hero baru. Yang seringkali berakhir dengan mereka menjadi ATM karena kalah waktu laning. Atau menang waktu laning tapi kalah di Lategame karena ngga tahu harus beli item apa. Hal lain yang terjadi adalah mereka tidak mengerti apa fungsi dari skill mereka dan yang terjadi adalah mereka kebingungan harus menaikkan skill yang apa pada hero mereka. Hal seperti ini dapat dihindari hanya dengan melihat guide di internet atau menonton pemain dota di youtube sebelum kalian mencoba hero tersebut untuk pertama kali. 

Melalui video-video seperti ini juga. Gua jadi lebih mengerti situasi-situasi yang kerap terjadi dalam Dota dan bagaimana cara mengatasinya. Gua jadi lebih mengerti dengan bagaimana gua membeli item-item situasional bahkan terkadang benar-benar melawan guide item yang disediakan Dota. Jadi hanya dengan melakukan tips yang ini kalian sudah secara tidak langsung melakukan kelima tips di atas. Dan pasti skill Dota kalian akan naik drastis.

7. Kalau kalah, jangan salahin orang
Dota hanyalah sebuah game. Tapi banyak orang sering menanggapinya dengan serius. Belum lagi banyak pemain dalam komunitas Dota yang tidak dapat berpikiran dewasa (atau memang belum dewasa). Banyak orang yang terbawa emosi ketika bermain Dota terutama ketika mengalami kekalahan. Dan pada akhirnya saling menyalahkan ditengah permainan.

Padahal kalau kita pikir, saling menyalahkan tidak menguntungkan pihak manapun. Malah sangat amat merugikan. Pada menit 20, walaupun score tim kita dengan tim musuh berbeda jauh. Keadaan masih dapat berubah dalam permainan tersebut apabila kita main dengan fokus dan meningkatkan kerja sama tim kita. Tetapi kebanyakan orang langsung saling menyalahkan pada menit 20, sehingga mereka lupa untuk bermain dan akhirnya mereka kalah pada menit 40. Bayangin, 20 menit hanya habis untuk berantem dalam tim. Kalau mereka pakai 20 menit itu untuk farming, defend, dan menyusun strategi. Mungkin saja mereka bisa membalikkan keadaan.

Next time, kalau kalian ketemu pemain bocah yang suka bacot, jangan diladenin kalau kalian mau berkembang. Mute aja namanya dan pergunakan sisa-sisa menit kalian untuk menganalisa keadaan, latihan last hit, atau jungling. Siapa tahu keadaan berbalik karena GPM kalian naik jauh berkat kalian yang fokus last hit. Yang jelas dengan meladeni bacotan bocah tersebut GPM kalian ngga akan naik, kalian ngga akan menang dan yang paling buruk skill dota kalian ngga akan bertambah. 

8. Tidak ada cara yang benar untuk memainkan satu hero
Ketika kalian baru belajar Dota, memang kalian akan mengikuti satu cara main tertentu untuk sebuah hero. Misalnya Riki harus membeli item A, B, kemudian C. Tetapi kalian harus tahu kalau sebenarnya tidak ada hal yang pasti dalam Dota. Sebuah hero dapat dimainkan dengan berbagai cara yang berbeda tergantung situasi. Sebuah item dapat dibeli oleh berbagai macam hero tergantung situasi. Jangan stuck di mentalitas Hero ini harus membeli item ini, atau Hero itu harus membeli sepatu itu.

Contoh kasus, Necrophos adalah salah satu hero favorit gua. Tapi gua pernah dicela ketika maen Necrophos karena gua ngga beli Dagon dan lebih memilih Mekansm dan Shiva. Pemain yang nyela gua ngerasa Necrophos itu hanya boleh beli Dagon.

Memang Dagon dapat membunuh musuh dengan cepat dan ngeheal Necrophos (dengan skill Sadist). Tapi ngga ada salahnya gua membeli Shiva dan Mekansm karena ketika Necrophos gua punya jumlah armor yang besar. Gua bisa bertahan dalam team fight. Dan memberikan damage sepanjang teamfight dengan Heartstopper Aura gua.

Ketika gua dikejar, gua bisa mengaktifkan Shiva untuk ngeslow mereka dan mengurangi HP mereka. Plus dengan Death Pulse, Mekansm dan Armor yang tebal. Musuh akan sangat kesulitan untuk membunuh gua dan malah akan mati sendiri kalau mengejar gua terlalu lama berkat Heartstopper Aura dan ultinya. Gua secara pribadi lebih suka memainkan Necrophos seperti ini, tapi gua ngga akan mencela orang yang membeli Dagon di Necrophos karena memang ada banyak cara memainkannya, semua tergantung gaya pemainnya.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Pada akhirnya Dota tetaplah sebuah permainan. Dan yang terpenting dalam setiap permainan adalah jangan lupa untuk tetap bersenang-senang dalam permainan tersebut. Jangan terlalu terpaku dengan tujuan tapi nikmati proses bermain Dotanya. :)

Punya pengalaman menarik main Dota? ceritain dong pengalaman kalian dengan comment di bawah. :D

1 comment:

  1. Buat kalian semua penggemar dota 2, pengguna android saya ada trik nih untuk mendapatkan dollar buat steam wallet, coin line secara gratis, diamond lets get rich atau mendapatkan uang dan pulsa gratis dan legal tentunya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini


    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun
    facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode FN85301
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3,
    lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$ TAPI JIKA TIDAK MEMASUKAN KODE DIATAS KALIAN AKAN MEMULAI DARI $0.1
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain
    atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah
    sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila
    setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall
    lagi lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah
    hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke
    voucher google play, steam wallet, paypol dan banyak plhannya
    11. Nah kalian bisa deh beli coin line yg bisa digunakan untuk beli stickerline dan item-item dota 2, beli theme, atau buat nge gift doi juga kan lumayan hehehe

    Jangan lupa share trik berguna ini ya~

    ReplyDelete